Pramugari

Berikut alasan mengapa kami berbeda dari yang lain
dan dijamin sekolah lain belum tentu ada materi yang selengkap P3NUSANTARA

Melihat keindahan dunia dari tempat yang berbeda adalah ‘sesuatu’.

Menjadi bagian dari Burung besi yang bisa melanglang buana adalah ‘sesuatu’

Bisa berinteraksi dengan ragam budaya yang berbeda hampir setiap hari adalah ‘sesuatu’

Melihat senyum penumpang yang puas dengan pelayanan yang kita berikan adalah ‘sesuatu’

Bisa membuat orangtua kita tersenyum bahagia adalah ‘sesuatu’

Menjadi teman yang menyenangkan adalah ‘sesuatu’

Bisa menjadi remaja yang punya iman yang kuat adalah ‘sesuatu’

Bisa menjadi remaja yang sabar dan punya toleransi tinggi adalah ‘sesuatu’

Bisa menjadi remaja yang peka dan ikhlas menolong oranglain adalah ‘sesuatu’

Bisa belajar sedekah sejak remaja adalah ‘sesuatu’

Punya income besar selagi masih remaja adalah ‘sesuatu’

Itulah PRAMUGARI dan PRAMUGARA.

Semua itu bisa teman-teman dapatkan di Sekolah Penerbangan P3NUSANTARA Yogyakarta.

Mau tau apa yang didapat jika gabung dengan P3NUSANTARA ?

Akan mendapatkan

  1. Seragam
  2. Materi Kepramugarian
  3. Fasilitas

Seragam Putra

  • Satu stel seragam vest merah (Identitas Sekolah)
  • Satu Stel seragam Batik (Identitas Angkatan)
  • 1 stel kaos Jungle Survival
  • 1 kaos aerobic
  • 1 pasang sepatu pantofel
  • 2 pasang kaos kaki
  • Dasi
  • Document Bag
  • 1 paket perawatan wajah
  • Binder
  • Wings & Name Plate
  • Baju Renang
  • 2 Masker & Face Shield

Seragam Putri

  • Satu stel seragam vest merah (Identitas Sekolah)
  • Satu Stel seragam Batik (Identitas Angkatan)
  • 1 stel kaos Jungle Survival
  • 1 kaos aerobic
  • 1 pasang sepatu pantofel
  • Handbag
  • 1 paket make up
  • Binder
  • Wings & Name Plate
  • Baju Renang
  • 2 Masker & Face Shield

Materi Kepramugarian P3NUSANTARA

Flight Safety

Materi ini mempelajari tentang keselamatan penerbangan, mulai dari peralatan yang digunakan, cara melakukan pemeriksaan sebelum terbang serta prosedur penggunaannya. Selain itu dalam materi ini juga mempelajari tentang prosedur normal sebuah operasional penerbangan mulai sejak sebelum keberangkatan, boarding, in-flight hingga pesawat mendarat, penumpang turun sampai dengan setelah penumpang turun dari pesawat. Serta mempelajari semua prosedur tentang bagaimana prosedur jika terjadi keadaan darurat, mulai dari turbulence (goncangan), decompression hingga pendaratan darurat baik di darat maupun di perairan. dan masih banyak lainnya.

Rules & Regulation

Materi Rules & Regulation berisi tentang Aturan dan kebijakan yang berlaku di dalam penerbangan. di dalam materi ini akan disampaikan berbagai maturan dan kebijakan yang berlaku baik secara National, Internasional maupun yang berlaku secara khusus di dalam sebuah perusahaan penerbangan.

CASR

CASR adalah produk Peraturan penerbangan sipil yang berlaku di Indonesia, pada materi ini siswa diajarkan tentang peraturan-peraturan apa saja yang terkait dengan Awak kabin dan operasional penerbangan sehari-hari yang diatur oleh CASR. Seluruh perusahaan penerbangan di Indonesia harus tunduk dan patuh terhadap CASR

Cabin Practice

Cabin Practice adalah materi yang mempelajari tentang bagaimana awak kabin mempersiapkan dan melakukan pelayanan di dalam pesawat. mulai sejak sebelum penerbangan yaitu mempersiapkan dan memeriksa peralatan & perlengkapan servis, memeriksa menu, peralatan dan perlengkapan catering yang naik baik dari segi jumlah maupun jenisnya. Dalam materi ini juga mempelajari tentang metode pelayanan di dalam pesawat mulai dari penumpang boarding hingga penumpang turun dari pesawat. Disini kita juga akan memberikan pelajaran mengenai Interior-pesawat, Cabin Electrical Panel, Galley, Lavatory, Perlengkapan kabin lengkap dengan bagaimana cara pengoperasiannya. Apa tanggungjawab Pramugari/a-Pantry dan Pramugari/a-Cabin nanti akan dikupas tuntas dipelajaran Cabin Practice ini.

General Aviation Knowledge

Materi ini mempelajari tentang :
– Management Penerbangan ( Ground Handling )
– Passengers Handling ( on ground )
– Segala pengetahuan dasar penerbangan
– Bagaimana pesawat bisa terbang
– Metodologi penerbangan
– Istilah-istilah dalam penerbangan dan berbagai informasi serta pengetahuan penting lainnya terkait dengan penerbangan.

General Aviation Security

Berbeda dengan materi Aviation Security yang terdapat pada jurusan AVSEC, pada materi General Aviation Security program kepramugarian, siswa akan belajar tentang segala prosedur yang terkait dengan pekerjaan awak kabin, baik prosedur normal maupun darurat. antara lain, bagaimana cara menangani disruptive passenger (penumpang yang mengganggu) mulai dari kasus yang ringan hingga yang mengancam keselamatan orang lain dan bahkan operasional penerbangan tersebut. Siswa juga mempelajari tentang bagaimana menangani Unrully Passanger (Penumpang yang tidak mau mematuhi peraturan yang berlaku), Bagaimana jika terdapat ancaman BOM, baik yang masih berupa ancaman hingga prosedur bagaimana jika ditemukan benda yang dicurigai sebagai BOM. Siswa juga mempelajari bagaimana jika terjadi ancaman Pembajakan di dalam pesawat, dan masih banyak materi lainnya.

Dangerous Goods

Materi ini mempelajari tentang Dangerous Goods secara umum (Benda-benda yang memiliki potensi berbahaya) apabila dibawa didalam sebuah penerbangan,  apa yang termasuk didalamnya, mulai dari kelas-kelas Dangerous Goods (DG), peraturan hingga prosedur penanganannya baik normal maupun darurat. Dan ini sangat penting untuk diketahui oleh calon Awak kabin, karena ini merupakan barang-barang yang sangat sensitive jika dibawa dalam sebuah penerbangan berhubungan dengan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penumpang.

Basic Aviation Medical

Materi Basic Aviation Medical mempelajari tentang gangguan kesehatan dan atau cidera apa saja yang mungkin dapat terjadi dan dialami baik oleh penumpang maupun sesama crew selama penerbangan, bagaimana mengamankan mereka, meminta bantuan hingga memberikan pertolongan pertama. Sehingga kita sebagai Awak kabin dituntut untuk bisa menangani dengan baik jika terjadi keluhan maupun cidera selama penerbangan normal maupun saat ada cidera akibat adanya Pendaratan darurat.

General Team Resources Management

Pada materi ini akan dilatih dan dididik untuk mampu mengenali potensi dan kelemahan diri masing-masing yang kemudian dapat disinergikan serta dikolaborasikan dengan anggota team lainnya. selain itu mereka juga akan mempelajari tentang segala sesuatu yang dapat menyebabkan sumber HUMAN ERROR dan bagaimana cara mencegah atau menanggulanginya sehingga ketika kelak mereka terjun ke dunia kerja terutama di dunia penerbangan mereka sudah siap bekerja dalam team dengan baik. Selain hal itu pada materi ini siswa juga akan belajar bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dan menyelesaikan masalah bahkan jika mereka berada dalam situasi darurat dengan peralatan yang serba terbatas (Contingency Skill) akan tetap mampu bekerja dengan maksimal.

Hi-Touch Service

Disini akan membahas tentang bagaimana seseorang dapat menjadi seorang yang memiliki jiwa melayani dengan penuh keanggunan. Penerapan dimana seorang awak kabin adalah tuan rumah yang harus melayani dan memuliakan tamu, dan penumpang adalah tamu yang harus dilayani dan dibuat nyaman. Bagaimana menyampaikan sebuah pelayanan yang bukan hanya sekedar menjalankan tugas rutin tetapi memberikan pelayanan dengan keramah tamahan dan ketulusan yang dapat memberikan kesan dan menyentuh hati penumpang dengan cara yang inspiratif dan tidak terlupakan ( Unforgotable Service ). Dengan demikian Customer ataupun Pelanggan kita akan loyal dan akan selalu ingin kembali memakai jasa perusahaan kita.

Personality+

Menurut penelitian pakar kepribadian Dunia, ada 4 Karakter manusia . Dengan memahami 4 karakter yang berbeda dari masing-masing individu, kita akan dengan mudah mengerti dan bisa menerima kenapa seseorang berperilaku dan bereaksi berbeda-beda dalam menghadapi persoalan yang sama. Dengan demikian kita akan bisa menjadi seseorang yang bisa mengerti orang lain sehingga bisa menjadi teman yang menyenangkan, menjadi pasangan yang pengertian, bisa sukses berkarier baik sebagai karyawan yang berprestasi maupun Pimpinan yang dihormati dan disegani, sukses bernegosiasi, bahkan yang sangat penting dari semua itu kita bisa berhasil dalam membina keluarga bahagia. Sehingga dengan kita mampu memahami karakter oranglain dengan baik maka kita bisa mempunyai kehidupan yang luar biasa menyenangkan. Dan kita juga akan mempelajari Sopan-santun atau Tata-krama/etika kehidupan ketimuran yang menjadi ciri khas kebanggaan Indonesia.

Food & Beverages

Pada materi Food and Beverages siswa akan mempelajari tentang berbagai macam set menu pengaturan menu berdasarkan Waktu penyajian (Breakfast, Lunch, Dinner, Supper, Snack, Refreshment), Cara penyajiannya maupun Kelengkapan peralatannya. Mengenal berbagai macam makanan khusus (special meals) yang juga sering kali di-request/diminta oleh penumpang karena alasan-alasan tertentu seperti misalnya karena alasan agama/keyakinan, alasan kesehatan maupun alasan usia. Siswa juga akan mempelajari tentang berbagai macam jenis minuman, macam-macam Wine, meracik minuman/mixing drinks dan tata cara penyajiannya. Bagaimana cara mengatur susunan peralatan makan sesuai dengan tata cara makan internasional dan lain sebagainya. Kita akan tau lebih detail dikelas nanti, lengkap banget pokoknya.

Table Manners

Materi Table Manners akan membahas tentang Tata cara, Etika dan Etiket makan secara international. Selain mendapatkan teori dan praktek di kelas dengan menggunakan peralatan fine dinning seperti yang terdapat di dalam pesawat maupu hotel berbintang, teman-teman juga nanti akan akan praktek Table manners di hotel bintang 4 atau bintang 5, agar teman-teman dapat merasakan langsung pengalaman makan dengan metode fine dinning di hotel berbintang dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan serta Percaya-diri, mengapa demikian? Karena dengan pernah punya pengalaman langsung bagaimana tata-cara makan secara Internasional maka nantinya apabila diajak turut dalam perjamuan makan resmi kita sudah percaya-diri mengikutinya.

Beauty Class

Pada materi ini siswa diajarkan mulai dari merawat kulit tubuh, rambut dan wajah supaya tetap terawat dan sehat. tentu di kelas ini juga akan diajarkan bagaimana cara merias diri bagi yang putri, bagi yang putra akan diajakan bagaimana tetap bisa merawat wajah agar terlihat segar dan sehat.  Selain itu juga akan diajarkan bagaimana tata cara berpenampilan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, bagaimana cara berdiri, berjalan, berjongkok, duduk, naik dan turun tangga. Ini semua apabila diikuti dengan serius dan dipraktekkan setiap hari akan menjadikan mereka pribadi-pribadi yang berani tampil percaya-diri dengan rapi, indah dan enak dilihat, dan mampu membawa diri sesuai situasi dan kondisi yang ada.

Social Ettiquette

Dalam memenangkan sebuah situasi interaksi dengan berbagai kalangan tingkat sosial yang berbeda dan masyarakat yang beragam yang mempunyai aturan masing-masing sesuai dengan asal lingkungan masyarakat tersebut, bahkan lintas bangsa pastilah mempunyai aturan masyarakat yang tidak sama. Materi ini membahas tentang Etiket dalam bersosialisasi secara dinamis, mampu menyesuaikan diri di dalam lingkungan yang sangat beragam dan dalam suasana suasana apapun, terutama di lingkungan pergaulan international. Apalagi nanti dalam dunia pekerjaan sebagai seorang Pramugari Pramugara tentulah akan bertemu dan berinteraksi dengan berbagai suku yang berbeda, adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda bahkan dari berbagai bangsa yang berbeda pula. Beberapa etiket yang akan mereka pelajari antara lain adalah etiket ketika mereka sedang menggunakan seragam, etiket ketika berada di lingkungan perkantoran, etiket ketika menerima telepon di jalan, etiket ketika berjalan, etiket ketika berkenalan dengan orang baru, berkenalan dengan rekan kerja, etiket ketika berada di sebuah daerah atau negara tertentu yang memiliki norma dan adat istiadat tertentu, dan masih banyak lagi yang akan dipelajari. Jadi banyak sekali persiapan yang bisa didapatkan disini untuk bisa menjadi sosok yang professional. Tidak salah jika Anda bergabung dengan Pelatihan yang berkwalitas dan itu ada di P3NUSANTARA Yogyakarta

Enjoy with english

Sebagai calon awak kabin, tentunya kemampuan berbahasa inggris sangat penting untuk dikuasai. Baik dari segi Tata bahasanya maupun percakapan sehari-hari. Khususnya bahasa inggris yang memang spesific bagi awak kabin, dimana Bahasa inggris yang digunakan di lingkungan penerbangan memiliki kosa kata yang cukup berbeda dengan bahasa inggris pada umumnya. Anda akan belajar bagaimana membuat kalimat dan berbicara dalam Bahasa inggris dengan susunan kalimat yang benar sesuai tata bahasanya, yang nantinya sangat diperlukan dalam menghadapi tes tertulis Bahasa inggris. Selain itu bahasa inggris percakapan sehari-hari dan percakapan yang dipergunakan didalam pesawat, teman-teman juga akan mempelajari bahasa inggris teknis serta jargon jargon yang hanya digunakan di dunia penerbangan. Hal ini dikarenakan seluruh buku panduan belajarnya juga disajikan dalam bentuk bahasa inggris khusus penerbangan. Jangan khawatir bagi yang saat ini merasa kemampuan Bahasa inggrisnya kurang, justru di P3NUSANTARA Anda akan mempelajari dengan metode yang sederhana dan menyenangkan, sehingga akan mudah Anda mengikuti dan meningkatkan kemampuan Bahasa inggris Anda baik lisan maupun tertulis.

B-FLAT / Basic Flight Attendant Training, Jungle Survival

Seorang Pramugari dan Pramugara harus mempunyai kedisiplinan yang tinggi, karena ini sangat berpengaruh pada semua aspek tanggungjawabnya sebagai Awak pesawat. Juga akan dibekali dengan kemampuan bertahan hidup dialam terbuka dengan mengetahui mana jenis makanan yang aman dimakan dan mana yang tidak boleh dimakan ( beracun ). Ini akan menjadi pengalaman yang sangat mengasyikkan dan tak terlupakan seumur hidup. Hal tersebut akan diperoleh di kegiatan B-FLAT, Jungle Survival & Water Rescue, P3NUSANTARA melibatkan tim SAR DIY untuk terjun langsung melatih siswa-siswa P3NUSANTARA, sehingga tidak diragukan lagi kompetensi mereka. Disini teman-teman bersama tim SAR akan mempelajari dan mempraktekkan tata cara bagaimana bertahan hidup di berbagai situasi dan kondisi yang serba terbatas, cara mencari sumber makanan yang terdapat di hutan, cara menentukan arah mata angin, cara mendapatkan air bersih, cara membuat BIVAC ( tempat berlindung ), membuat api dengan berbagai metode, membuat sinyal darurat menggunakan peralatan survival yang terdapat di dalam pesawat maupun yang bisa didapat dialam terbuka. Tentu teman-teman juga akan mempelajari berbagai tehnik penyelamatan diri dan bertahan hidup di air dan masih banyak materi survival lainnya. semua itu langsung diajarkan dan ditangani oleh  oleh tim yang kompeten dibidangnya. Dan ini akan menjadi pengalaman yang sangat mengasyikkan dan tak terlupakan seumur hidup

Swimming ( di Hotel bintang 4 )

Awak kabin harus bisa berenang? Tentu saja. bagaimana mau menyelamatkan penumpang jika pramugarinya saja tidak bisa berenang? meskipun di pesawat juga tersedia baju pelampung, namun kemampuan bisa berenang tetap menjadi salah satu keahlian yang mutlak harus dimiliki oleh Awak kabin. Bagi teman-teman yang merasa belum bisa berenang bahkan takut dengan air mungkin karena pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan berkaitan dengan air, jangan khawatir akan dilatih dengan metode pendekatan secara psychologis yang tidak akan didapatkan dilain tempat, mudah-menyenangkan dan yakinlah teman-teman pasti senang bersahabat dengan air hingga hanya dalam waktu 8xpertemuan sudah mampu menguasai minimal 2gaya. Juga akan diajarkan bagaimana cara berenang dengan memakai baju pelampung yang sama persis dengan yang ada di pesawat dan juga akan diajarkan tehnik penyelamatan dengan dan tanpa pelampung, serta bagaimana cara memberikan sinyal SOS di air.

Pengenalan Budaya dan Pariwisata Yogyakarta dan sekitarnya.

Agar mengenal Budaya dan peninggalan leluhur kita, maka teman-teman akan diajak mengunjungi candi yang sangat terkenal di dunia, bahkan pernah menjadi satu diantara 7 keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur sekaligus sebagai ajang uji kemampuan berbahasa Inggris, dimana disana akan bertemu banyak turis mancanegara. Juga akan diajak mengunjungi beberapa obyek wisata yang ada di Yogyakarta, salah satunya tempat yang menjadi sebab kenapa Yogyakarta disebut sebagai Daerah Istimewa, dikarenakan Yogyakarta mempunyai Kerajaan yang disebut “Kraton Ngayojokarto Hadiningrat” dimana disana masih aktif tata-krama kerajaan dari jaman dulu hingga saat ini dan yang memimpin benar-benar seorang Raja yang bergelar “ Sri Sultan Hamengku Buwono ke X “ yang otomatis menjadi penguasa no.1 di Yogyakarta yaitu menjadi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Inilah Keistimewaan Yogyakarta dibanding Propinsi lain diseluruh Indonesia. Disamping itu teman-teman juga akan diajak menyusuri Yogyakarta diwaktu malam hari dan yang spesialnyaa…pakai sepeda..alias goweesss…bisa berfoto-ria dengan latar belakang Icon Yogyakarta yaitu “Tugu” ( biasanya belum dibilang pernah ke Yogya kalua belum berfoto di “Tugu” ), lalu menyusuri tempat yang sangat terkenal yaitu “Malioboro” dan lanjut ke Alun-alun selatan. Dan jangan khawatir..kita pasti akan mengajak kalian ke pantai yang sangat menarik dan indah

Recovery Program

Dalam program ini teman-teman akan mendapatkan pembinaan/pengarahan langsung dari Senior P3NUSANTARA yang sudah sukses bekerja, baik sebagai Pramugari maupun dibidang lainnya, agar siswa termotivasi, bersemangat serta selalu positif dalam menghadapi setiap tantangan, saling membantu dan menguatkan satu sama lain, tetap bersemangat, pantang menyerah, pantang mengeluh, mau dan mampu fokus pada hal-hal positif bahkan jika berada di situasi yang paling sulit sekalipun, kuat dan tangguh dalam melangkah dan berjuang meraih cita-cita.

Rafting

Setelah teman-teman mengikuti program pelatihan Renang, maka teman-teman akan memperdalam kemampuan berenang di sungai berarus deras dengan mempergunakan baju pelampung, dan juga akan mempraktekkan tehnik membalik perahu karet, menguasai perahu karet dengan benar, disamping itu juga sebagai wahana refreshing yang penuh petualangan dan menyegarkan, juga sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan keberanian dalam menghadapi setiap tantangan serta mengalahkan ketakutan-ketakutannya.

Interview & Recruitment Simulation

Disini teman-teman akan berlatih bagaimana menghadapi interview kerja, khususnya pada saat recruitment awak kabin. mereka akan dilatih untuk dapat tampil percaya diri dan diberikan berbagai tips dan trik menghadapi dan menjalani recruitment serta interview kerja. Ini akan sangat penting karena merupakan simulasi yang mirip dengan yang akan dihadapi saat benar-benar akan di Interview untuk menjadi Pramugari dan Pramugara, sehingga tidak akan kaget lagi saat menjalani Interview, teman-teman akan lebih Pecaya Diri dan rileks saat tampil dihadapan para Interviewer.

Pentas Seni

di P3NUSANTARA ada program pengembangan bakat dibidang tari traditional, tari modern, chacha dance, fashion, olah vokal, band dan drama. Di bulan ketiga, teman-teman akan memulai program pendalaman bakat dalam kegiatan ekstra kurikuler, antara lain Modern dance, Tari tradisionil, Drama, Olah Vokal dan Band/Guitar, juga akan diajarkan tari pergaulan ( Cha-cha-cha dance ) yang nantinya akan dipentaskan dalam acara Makrab didalam program Recovery. Disini teman-teman akan berlatih berorganisasi dan bekerja dalam tim, juga belajar tampil penuh percaya diri dalam unjuk bakat dan kemampuannya. Ini akan menjadikan rasa seperjuangan dan persaudaraan yang solid dan abadi. Teman-teman akan mempunyai saudara dari pulau Sumatra sampai Papua. Sangat menyenangkan.

Kunjungan Bandara

Sebagai calon insan-insan penerbangan, tentu saja teman-teman harus mengenal calon lingkungan kerja termasuk Bandar Udara ( Bandara ), maka dalam kegiatan ini teman-teman akan kami ajak untuk mengunjungi Bandar udara terbesar di Indonesia, yaitu Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA). Teman-teman akan dipandu oleh Staf profesional bandara untuk mengenal bagian-bagian dari bandara serta berbagai fasilitas dan pelayanan yang tersedia disana. tidak lupa berbagai aturan keamanan dan keselamatan penerbangan juga akan dijelaskan dan dipelajari secara langsung, sehingga nantinya siswa akan semakin lengkap wawasan dan pengetahuannya khususnya tentang Bandara, akan lengkaplah bekal menjadi seorang Pramugari dan Pramugara.

Simulasi Terbang

P3NUSANTARA mempunyai simulasi kabin pesawat lengkap, termasuk Pantry pesawat wide body. Peralatan Emergency Equipment, Lifevest, POB, H2O Fire Extinguisher, Haloon 1211 Fire Extinguisher, Aircraft Flashlight, Smooke google, PBE ( Protective Breathing Equipment ) seperti PBE Dragger, PBE Dupont, PBE Puritan, PBE Scott, PBE AirLquid. Kita juga mempunyai Escape slide ( alat peluncur jika terjadi pendaratan darurat ). Itu semua peralatan yang wajib dipunyai sekolah Pramugari yang benar-benar memikirkan kwalitas anak didiknya, dan sangat dibutuhkan untuk menunjang pelajaran Flight Safety, Cabin Practice dan pelajaran Bahasa Inggris. Itu semua akan memuluskan proses pembelajaran saat teman-teman diterima di Airline impian teman-teman semua.

On The Job Training

Nah, setelah menyelesaikan semua program Pelatihan baik Teori maupun Praktek, tiba saatnya teman-teman mengamalkan dan mempraktekkan semua ilmu dan ketrampilan ke dunia kerja yang sesungguhnya. Disinilah tempat siswa P3N unjuk hasil pelatihan baik teori maupun praktek, sudah sejak tahun 2002 siswa – siswi P3N mempunyai nilai tersendiri dimata para User dan tempat OJT, siswa P3NUSANTARA akan terlihat beda, karena siswa P3N memang pilihan dan bisa bekerja dengan profesionalisme tinggi dan terkenal santun dan penampilan yang oke. Khusus untuk program Pramugari dan Pramugara, temen-temen akan melaksanakan OJT di Hotel-hotel mewah minimal berbintang 4. kenapa di Hotel? kenapa bukan di Bandara?. karena pada dasarnya ilmu hospitality antara Hotel dan Pesawat sangatlah mirip, sama-sama memberikan pelayanan kepada tamu, yang membedakan hanyalah tempatnya. Sementara untuk OJT di Bandara khusus untuk program Ground Handling/Airline Staff, karena lebih tepat sasaran.

Semua materi disampaikan dengan menggunakan metode dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri penerbangan, baik teori maupun prakteknya.

Kurikulum berbasis kompetensi dengan Standard Kompetensi Kerja Khusus yang diadopsi dari standard penerbangan internasional

Peralatan & Perlengkapan praktek menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sama dengan yang digunakan di dalam pesawat

Instruktur yang berpengalaman dan profesional (Mantan Pramugari first class Garuda Indonesia, Ex-senior Pramugara & Pramugari berbagai Airlines, Asesor Aviasi dan para praktisi penerbangan lainnya yang masih aktif).

 P3N didukung dengan adanya Bursa Kerja Khusus ( BKK ), yaitu Institusi resmi P3NUSANTARA yang menjembatani para siswa dan alumni untuk mendapat pekerjaan. BKK juga mempersiapkan dan memantau siswa baik secara fisik maupun penampilan agar pada saatnya siswa sudah siap sesuai dengan kriteria seorang Pramugari.

Gratiss Program tambahan ...

INI YANG TIDAK KALAH KEREN Teman-temaan.. Kami ada PROGRAM TAMBAHAN lhooo..dan FREE…

Fasilitas P3NUSANTARA

Tempat Olahraga

Demi menunjang program pembentukan tubuh ideal, baik
tinggi badan maupun berat badan, kami menyediakan tempat olah raga lengkap dengan seorang
personal trainer yang akan selalu mendampingi siswa demi terlaksananya program pembentukan tubuh
ideal dengan baik

ASRAMA

Seluruh siswa/i P3NUSANTARA wajib tinggal di Asrama sebagai salah satu fasilitas untuk membina dan pembentukan mental dan attitude, sehingga
kelak selesai pelatihan, siswa/i dapat lebih siap menghadapi duni kerja

Asuransi Jiwa

Siswa- siswi P3NUSANTARA dilindungi dengan asuransi jiwa selama menjalani pelatihan di P3NUSANTARA

Konseling

demi menunjang dan melihat perkembangan mental siswa,
kami juga membuka sesi konseling untuk memberikan baik itu masukan untuk pengembangan diri,
solusi untuk masalah yang mereka hadapi maupun hanya sekedar telinga untuk mendengar keluh kesah
siswa. 

Ruang Band

Mampu Mengekspresikan Kemampuan Diri Dalam Bidang Intertainment Merupakan Nilai Plus Yang Dapat
Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Untuk Itu Kami Siapkan Ruang Band Bagi Siswa Yang Berminat Belajar

Simulator Kabin Pesawat Lengkap

P3NUSANTARA memiliki mock up peralatan pesawat sebagai fasilitas pembelajaran agar
siswa bisa belajar sesuai dengan peralatan aslinya.

Ruang Karaoke


Sebagai Media Hiburan Dan Tempat Mengekpresikan Jati Diri, Karena Seorang Pramugari Adalah
Seorang Intertainer Yang Harus Mampu Tampil Menarik Di Depan Umum.

Ruang Makan

Untuk menjaga stamina dan kesehatan , kami menyediakan makan 3 kali sehari
bagi siswa dengan asupan makanan yang sehat.

Tempat Belajar

Tempat belajar yang nyaman dan belajar bersama dengan teman-teman dapat lebih mempermudah siswa dalam
mempelajari materi ditambah adanya Pembina yang selalu siap mendampingi setiap saat.

Perawatan dan Kecantikan

Keindahan Kulit Dan Perawatan Wajah, Mutlak Harus Dilakukan Oleh Seorang Awak Kabin.
Agar Terlihat Indah Dan Menawan, Untuk Itu Kami Siapkan Klinik Kecantikan Yg Ditangani Oleh Ahlinya
Dalam Program Perawatan Wajah Dan Kulit.

Sepeda Gembira

Untuk Mengakrabkan Sesama Siswa Dan Mengenal Yogya Di Waktu Malam P3NUSANTARA Mempunyai
Program Bersepeda Malam Bersama, Hal Ini Dimaksudkan Agar Siswa Bisa Langsung Berinteraksi Dengan Masyarakat
Yogya Yang Terkenal Ramah Dan Bersahaja, Sambil Menikmati Situasi Jalan Malioboro Dengan Atraksi
Musik Pinggir Jalan Yang Mengasikkan.

Lab Komputer

Untuk menunjang dalam peningkatan pengetahuan , wawasan dan ilmu,
kami siapkan lab. komputer , internet dan perpustakaan.

Transportasi

Armada transportasi kami lengkap dan siap mengantar siswa dalam seluruh kegiatan yang ada,
bahkan saat ikut perekrutan kerja diluar kota.

Tempat Ibadah

Mengejar cita-cita duniawi untuk masa depan yang gemilang harus dibarengi oleh keimanan yang kuat,
agar langkah kita selalu terjaga dan hidup penuh dengan keberkahan dari Yang Maha Kuasa

Perpustakaan

perpustakaan merupakan fasilitas untuk tempat membaca berbagai bukubuku literasi maupun sekedar menambah pengetahuan, sekaligus dapat juga digunakan sebagai tempat
belajar siswa.

Kamar Asrama

Mengenal – menyelami – mengerti atas teman kita ternyata menumbuhkan toleransi yang tinggi,
dan yakin ini sebagai bekal yang sangat berharga dikemudian hari .

Biaya Pendidikan

Rp.39.500.000,-

Biaya di atas sudah termasuk biaya pelatihan selama 4 bulan dan transportasi seluruh kegiatan perkuliahan, dan OJT selama 3 bulan dihotel bintang 4 dan 5

Ikuti program beasiswa P3NUSANTARA dan dapatkan potongan biaya pelatihan sebesar 25% !!

Bersama P3N, Sukses!