Blog

Cara Membuat CV yang Baik

Cara Membuat CV yang Baik

Cara Membuat CV yang Baik

Halo semuanya! Long Time No See!!! Maafkan admin yang telat update karena kesibukan lain. Hehehe… By the way… teman – teman jangan kendor menerapkan protokol kesehatan dan tetap selalu jaga kesehatan ya. Cuaca agak kurang menentu nih.

Pada artikel kali ini, admin buat khusus buat teman – teman semua terkait dengan mulai banyaknya dibuka perekrutan-perekrutan dari berbagai maskapai penerbangan. Mulai dari maskapai domestik seperti Lion Air, Batik Air, Super Air Jet (SAJ), Pelita Air hingga maskapai – maskapai internasional seperti misalnya Flydeal, Qatar dsb.

Semua tentang tips, trick hingga persyaratan sepertinya sudah banyak admin bahas di artikel – artikel yang sebelumnya. Sekarang, admin akan mengulas tentang Bagaimana Cara Membuat CV yang Baik, Benar dan Menarik.

Pada dasarnya CV merupakan salah satu gerbang awal kita mempresentasikan diri kita atau mempromosikan diri kita sendiri kepada perusahaan yang akan kita tuju, untuk kemudian dapat membuat mereka tertarik dan ingin “mengenal” kita lebih jauh melalui tahapan – tahapan recruitment yang selanjutnya, seperti misalnya tahap performance dan tahap wawancara.

Sebelum kita mulai pembahasan pada poin yang pertama, perlu kita ketahui dulu apa yang dimaksud dengan CV atau Curriculum Vitae. Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang berisi tentang daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

Cara Membuat CV yang Baik, Benar dan Menarik Poin 1

Pastikan bahwa format CV yang kita buat tampak rapi, singkat, padat informasi dan jelas. Yang dimaksud dengan Rapi disini bisa juga diartikan dimana penyusunan dan penulisan informasi dilakukan secara sistematis dan berurutan. Mulai dari informasi data diri, kemudian penulisan tentang informasi pendidikan formal yang pernah dijalani, Ketrampilan yang dikuasai, pengalaman kerja yang dimiliki serta informasi lainnya yang terkait dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Penyusunan urutan setiap informasinya juga sebaiknya dilakukan secara berurutan, tidak acak.

Selain itu, tuliskan dengan cara yang singkat, padat informasi / lengkap dan jelas. Seperti misalnya informasi tentang pendidikan yang pernah dijalani. Tulis keterangan nama sekolahnya, lamanya dari tahun berapa sampai dengan tahun berapa. Kemudian tulis secara berurutan, sebaiknya dari jenjang terbaru di urutan pertama, dan jenjang terlama di urutan terakhir, sehingga si pembaca CV bisa langsung fokus pada keterangan terbaru.

Cara Membuat CV yang Baik, Benar dan Menarik Poin 2

Cantumkan daftar pendidikan dan/ atau pengalaman kerja yang memiliki relevansi dengan pekerjaan yang akan di lamar. Sebanyak apapun pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja yang kita miliki, alangkah lebih baik jika kita mencantumkan yang memiliki korelasi atau keterkaitan dengan posisi yang akan kita lamar saja. Sehingga selain CV terlihat rapi, maka CV yang kita buat tersebut juga akan memiliki keefektifan karena memiliki poin – poin yang memiliki keterkaitan dengan posisi yang akan dilamar.

Cara Membuat CV yang Baik, Benar dan Menarik Poin 3

Sesuai dengan fungsi CV sebagai alat untuk mempromosikan diri, maka sangat penting bagi kita untuk memilih kata – kata yang positif dan memiliki “power” dalam menggambarkan/ mempresentasikan diri kita.

Selain itu, perlu diperhatikan juga pemilihan Bahasa, bentuk/ jenis tulisan serta tata bahasanya.

Yang dimaksud dengan pemilihan Bahasa disini adalah penggunaan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia dalam penyusunan CV. Tentu penggunaan CV dalam Bahasa inggri bisa menjadi salah satu nilai lebih tersendiri. Apalagi jika posisi yang akan dilamar nantinya memiliki potensi penggunaan Bahasa inggris dalam pelaksanaan kerja sehari-hari. Misalnya jika posisi yang kita lamar adalah bidang perhotelan, penerbangan, pariwisata dan lain sebagainya.

Sementara tata Bahasa disini perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan secara teliti. Apalagi jika menggunakan Bahasa inggris. Penggunaan tata Bahasa/grammar yang sesuai adalah poin yang sangat penting untuk juga diperhatikan.

Pemilihan bentuk/ jenis tulisan yang digunakan juga sebaiknya menggunakan jenis tulisan (font) yang professional. Sehingga CV terlihat rapi dan juga professional.

Cara Membuat CV yang Baik, Benar dan Menarik Poin 4

Satu faktor yang paling penting yang tidak boleh sampai terlewatkan adalah memastikan semua kontak yang dicantumkan masih aktif digunakan. Terutama nomor telepon (HP). Seringkali banyak yang mencantumkan nomor Whatsapp namun ketika dihubungi menggunakan telepon biasa (bukan Whatsapp) nomor tersebut rupanya tidak aktif.

Atau sering juga terjadi ketika dihubungi nomor kontaknya ternyata sudah ganti. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi teman – teman yang mulai memikirkan untuk memasuki dunia kerja, kiranya tidak mudah mengganti – ganti nomor telepon genggam. Supaya jika sewaaktu – waktu dihubungi oleh salah satu perusahaan yang pernah kita apply, kita tidak kehilangan kesempatan begitu saja.

Hal ini juga berlaku dengan alamat email kita pribadi. Jangan sampai ada kejadian lupa login atau bahkan tidak bisa diakses kembali emailnya.

Buat temen- temen yang punya cita – cita menjadi pramugari/a, kami memiliki program pelatihan Pramugari PLUS lho. intuk informasi pendaftaran silahkan klik disini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *