Blog

Perjuangan Menjadi Pramugari

Pengalaman Perjuangan Menjadi Pramugari oleh Meganola Utami

Belajar yuk! Pengalaman Perjuangan Menjadi Pramugari dari mbak Meganola Utami. Salah satu alumni dari sekolah pramugari P3NUSANTARA yang kini telah sukses meraih mimpinya menjadi pramugari di maskapai Garuda Indonesia.

Profile Seorang Meganola Utami

Perjuangan Menjadi Pramugari
Kiri: Meganola Kanan: Kholifah

Halo teman-teman FA Wannabes. Kenalin nih, salah satu alumni P3NUSANTARA yang saat ini terbang sebagai pramugari maskapai kebanggan Indonesia tercinta, yaitu Garuda Indonesia. Meganola Utami sebelumnya adalah alumni dari SMKN 1 Pontianak. Memilih untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah pramugari P3NUSANTARA Yogyakarta demi mengawali langkahnya untuk meraih impian menjadi seorang pramugari. Meganola bergabung di P3NUSANTARA pada tahun ajaran 2013/2014 dan tergabung dalam course 45. Saat itu dia memiliki motto hidup seperti ini;

HIDUP ITU SEPERTI SEPEDA, AGAR TETAP SEIMBANG, KAU HARU TETAP BERGERAK (MENGAYUH)

Langkah Awal Perjuangan Menjadi Pramugari

Perjuangan Menjadi Pramugari
Meganola bersama Teman-teman P3N Saat PKL berfoto bersama Crew Pesawat Garuda Indonesia

Dulu, cita-cita menjadi pramugari itu mulai muncul di benak seorang Meganola Utami adalah pada saat dia masih duduk di bangku SMA. Saat itu Meganola mendengar bahwa ada salah satu senior P3NUSANTARA yang juga berasal dari Pontianak telah menjadi pramugari Garuda Indonesia. Kemudian dia menyampaikan keinginannya untuk mengikuti jejak senior tersebut dengan melanjutkan pendidikannya ke P3NUSANTARA, “Motivasinya sih biar rejekinya sama gituu…hehehe…” ujar Maganola sembari tertawa sambil mengingat-ingat bagaimana awal mula dia akhirnya masuk di P3NUSANTARA.

Begitulah akhirnya sampailah Meganola di P3NUSANTARA. Menjalani semua proses pelatihan, berkenalan dan beradaptasi dengan teman-teman baru dari berbagai daerah, budaya dan karakter, berjuang menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri, sungguh tidaklah mudah baginya.

Perjuangan Menjadi Pramugari Dimulai

Perjuangan Menjadi PramugariSingkat cerita sampailah pada masa-masa recruitment dimulai. Saat itu Meganola merasa bahwa dirinya adalah seorang yang kurang percaya diri alias mudah sekali merasa minder. Hal itu disebabkan karena dia merasa peserta rekrutmen yang lainnya banyak yang jauh lebih cantik. Meganola yakin bahwa pasti banyak juga yang merasakan apa yang dia rasakan saat itu. Namun dia juga memiliki hal lain yang menjadi motivasi terkuatnya, yaitu kenyataan bahwa dia hanya memiliki 1 orang tua, dia juga merupakan anak bungsu yang tentu saja menjadi harapan terakhir bagi orang tuanya supaya dapat segera sukses dan mandiri. Hal – hal tersebutlah yang akhirnya membuat keinginannya untuk menjadi awak kabin semakin kuat dan membuatnya sejenak mengesampingkan perasaan “minder” yang sempat muncul dalam hati dan pikirannya.

Tapi sebelum kita sampai pada kisah sukses yang Meganola raih. ada baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana Meganola menghadapi kegagalan-kegagalan yang pernah dialaminya selama menjalani perjuangan menjadi pramugari.

Kegagalan Demi Kegagalan Dalam Perjuangan Menjadi Pramugari

Perjuangan Menjadi Pramugari
Meganola saat bertugas

“Jangan takut gagal ya! Karena rasanya kalau tidak pernah gagal sepertinya belum terasa afdol aja gitu perjuangan menjadi pramugari.” Begitu ucapnya. Kegagalan demi kegagalan yang dialaminya menjadi barisan pengalaman – pengalaman berharga bagi Meganola. Dia mengaku pernah sampai 5x gagal pada saat mengikuti rekrutmen di beberapa maskapai di Indonesia. Sedih sudah pasti, kecewa adakalanya juga muncul, namun kegagalan demi kegagalan tersebut justru membuat Meganola mampu bersikap dewasa dan semakin berfikir kritis.

Pertama kali mengalami kegagalan di tahap performance. Hal itu disebabkan karena Meganola memiliki bekas keloid. Namun saat itu Meganola berfikir “Oh, ternyata begini rasanya mengikuti rekrutmen dan alur-alurnya. OK lain kesempatan aku harus memperbaiki diri. kan sudah tahu bagaimana alur dan prosesnya”.

Kedua kalinya mengalami kegagalan, Meganola mengaku sempat menangis karena menyesali kekurangannya saat itu pada tahap wawancara menggunakan bahasa Inggris. Hal itu bisa terjadi karena rasa “minder” kembali muncul ketika tiba-tiba saja wawancara dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan, membuatnya merasa grogi dan gugup ketika tiba-tiba diberi pertanyaan dalam bahasa Inggris. Lagi-lagi Meganola berusaha untuk segera bangkit dari rasa kecewanya. “Gapapa… Nanti kita coba lagi!” Ucapnya dalam hati saat itu.

Perjuangan Menjadi PramugariKegagalannya yang ketiga kalinya adalah pada tahap pengukuran tinggi dan berat badan yang saat itu ternyata kurang memenuhi kriteria. Hal itu bisa terjadi karena tinggi badan Meganola yang memang yang mepet dengan batas minimal yang distandardkan oleh maskapai tersebut. Meskipun ketika diukur di beberapa rumah sakit dan fasilitas kesehatan, tinggi badannya 160cm, namun demikian seringkali ternyata alat ukur yang digunakan setiap tempat bisa saja mendapat hasil yang berbeda-beda. terkadang bisa lebih tinggi, tak jarang juga bisa menjadi lebih rendah. Meganola mengatakan bahwa sejujurnya, kegagalannya yang ketiga kali ini, sungguh membuatnya ingin menyerah saja rasanya. Apalagi rekrutmen selalu diadakan di Jakarta sehingga membuatnya harus bolak balik Jogja – Jakarta.

Kenyataannya ketika kembali ada rekrutment yang ke-empat kalinya bagi Meganola, rupanya dia masih belum mau menyerah. Kali ini dia sangat percaya diri bahwa dia jauh lebih siap dan yakin pasti lolos. Dia merasa telah belajar dari setiap kesalahan dan kekurangannya dari kegagalan-kegagalannya yang sebelumnya. Sayangnya ternyata, sikap terlalu percaya diri yang berlebihan juga menjadi salah satu batu sandungan. Lagi-lagi Meganola harus kembali merasakan pahitnya kegagalan.

Perjuangan Menjadi Pramugari Kelima Kalinya

Perjuangan Menjadi Pramugari
Meganola di Singapura

Kali kelima Meganola mencoba mengikuti perekrutan pramugari sebetulnya dia sudah tidak ada niat lagi untuk ikutan, tetapi atas paksaan teman-teman seangkatannya di P3NUSANTARA, akhirnya dia berangkat juga untuk mencoba. Tanpa beban, tanpa melibatkan ambisi, saat itu Mega memutuskan untuk mengikuti perekrutan dengan hati yang pasrah saja. Artinya, jika gagal ya sudah memang bukan rezekinya, namun jika lolos ya bonus, alhamdulillah. Tak disangka-sangka, rupanya semua tahap perekrutan justru dapat dilalui Meganola hampir tanpa kendala. Semuanya berjalan lancar hingga tahap akhir dan akhirnta tanda tangan kontrak kerja diterima sebagai salah satu pramugari di maskapai kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, yaitu Garuda Indonesia.

P3NUSANTARA & DREAM BOOK!

Perjuangan Menjadi PramugariApakah teman-teman punya DREAM BOOK?

Dream Book adalah sebuah buku/album foto yang isinya adalah daftar mimpi-mimpi kalian yang ingin kalian wujudkan. mulai dari cita-cita, rumah, mobil, perjalanan wisata dan masih banyak lainnya. Intinya kalian bebas menulis dan menempelkan gambar apa saja terkait dengan impian-impian kalian. SEBANYAK-BANYAKNYA!!! BEBAS!!!. Karena bermimpi itu GRATISS!!!

Di P3NUSANTARA seluruh siswanya diajarkan dan diminta untuk membuat DREAM BOOK nya masing-masing. SEBANYAK-BANYAKNYA!!!. Kenapa? Karena apapun yang kalian tulis dan visualisasikan di dalam Dream Book merupakan bagian dari Doa dan Harapan kalian. Begitupun yang dilakukan oleh Meganola semasa dia masih menjadi siswa latih di P3N. Alhamdulillah satu demi satu telah terwujud, salah satunya punya rumah untuk orang tua.

Dream Book ini juga dapat terus ditambah isinya. Karena selama kita masih hidup, tentu kita akan terus memiliki impian -impian.

Tips-Tips Pada Saat Perjuangan Menjadi Pramugari ala Meganola Utami

Untuk yang over weight: 

Konsumsi nasi merah selama 1 bulan berturut-turut, banyakin mengkonsumsi buah-buahan, kurangi jajan dan cucilah pakaian kalian sendiri (jangan laundry dan jangan menggunakan mesin cuci) hehe…

Untuk yang under weight: 

Olah raga, minum susu setiap pagi hari dan malam hari menjelang tidur, pastikan tidur secara teratur (tidak begadang dan minimal 8 jam), makan makanan yang bergizi dengan nutrisi yang cukup.

Untuk yang berjerawat: 

Jangan menggunakan sabun wajah yang banyak foam dan ada scrub-nya, untuk kulit berjerawat sebaiknya  menggunakan produk-produk perawatan wajah ataupun peralatan makeup yang memang diformulasikan untuk acne prone skin.

Untuk yang punya bekas luka:

Konsultasikan dengan dokter kulit dan mintalah rekomendasinya mengenai perawatan apa yang dapat dilakukan untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas luka tersebut. Namun pengalaman saya pribadi saat itu saya menggunakan salah satu salep/obat china yang banyak dijual di toko – toko obat China yaitu “pi kang shuang”.

Perjuangan Menjadi PramugariUntuk teman-teman yang sedang dan sudah pernah bersekolah di P3NUSANTARA, praktekkanlah semua etika dan manners yang pernah dipelajari di P3NUSANTARA, karena semua itu sangat penting dan berlaku di hampir eluruh maskapai. Istilahnya seperti ini “Anda boleh pintar selama training, selalu lulus di semua materi dan ketrampilan bahkan mendapatkan nilai tertinggi, TAPI kalau attitude Anda buruk, maka YOU ARE NOTHING!” jadi menurut saya, jangan minder dengan kekurangan fisik kalian karena yang berlaku di Maskapai, jika Anda berperilaku sopan dan ramah, kalian akan selalu berharga.

Mungkin itu saja yang bisa saya share untuk teman-teman FA wannabe. Semoga kalian bisa mengambil pelajaran dari kisah perjuangan saya dalam mewujudkan impian.Semangat terus! dan jangan takut untuk bermimpi! Apapun Pekerjaan dan Bagaimanapun jalan hidup kita semua tidak terlepas dari usaha kita dan rencana Tuhan. Terima kasih dan SEE YOU ON TOP!.

 

-Meganola Utami_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.